Cara Membuat Toko Online Dengan Blogspot

Cara Membuat Toko Online Dengan Blogspot

Bagi teman-teman yang mulai berbisnis online ataupun yang sudah lama berkecimpung berjualan di dunia online mungkin bertanya? Buat apa kita harus membuat toko online karena sudah ada social media seperti Facebook, Instagram, dan Marketplace lainnya.

Memang Social media ataupun Marketplace sangat memudahkan kita untuk berjualan tanpa ada modal, tetapi harus kita fahami bahwa social media maupun marketplace bukan milik kita, di ibaratkan kita numpang promo ataupun buka gerai sementara. Sedangkan toko online yang berbayar yang sudah mempunyai domain sendiri merupakan toko kita sendiri.

Apakah salah berjualan di social media, marketplace maupun tempat lainnya? Tentu tidak salah malah wajar apalagi anda baru memulai bisnis online, tapi ketika bisnis anda sudah mulai ramai, sebaiknya beralih memiliki toko online. Arahkan pelanggan anda dari social media ke toko online anda. Buat traffic toko online anda tinggi, bukan tak mungkin anda pun juga bisa mendapatkan income dari iklan yang numpang promo di toko online anda.

Artikel ini dikhususkan untuk anda yang baru memulai bisnis online, walaupun anda tidak familiar dengan website tapi jika anda ikuti tutorial ini dengan perlahan, saya yakin anda juga bisa membuat toko online sendiri.

 

Tutorial Membuat Toko Online dengan Blogspot

Sebelum kita mempelajari  cara membuat toko online dengan Blogspot anda harus download template toko online, dalam ebook kali ini saya menggunakan Template Green Store dari www.tukangtokoonline.web.id silahkan anda klik template dibawah ini

http://www.tukangtokoonline.web.id/2014/10/green-store-template-untuk-toko-online-nuansa-hijau.html

Adapun file yang anda download berupa file zip, jangan lupa untuk ekstrak file Green Store Template.txt sesuai pic dibawah

 

Saat anda memulai membuat toko online di blogger, anda diharuskan memiliki id Google, jika anda sudah memiliki id gmail maka anda sudah bisa membuat blogger. Jika belum silahkan daftar ya, sangat mudah kok

1. OK, sekarang silahkan anda ketikkan di alamat Blogger.com  , masukkan user dan password anda

2. Di halaman ini anda klik tombol Blog Baru

3. Secara default bahasa yang digunakan blogger adalah bahasa inggris, jika tampilan anda menggunakan Bahasa Inggris anda bisa mengganti menjadi bahasa Indonesia dengan mengganti menu di pojok kanan sesuai pic dibawah.

4. Silahkan anda mengisi judul blog serta nama URL / alamat yang anda inginkan, sebagai contoh saya ambil nama URL / alamat kaosbolaaja. Untuk nama URL atau alamat blogger akan cek secara otomatis apakah alamat tersebut sudah digunakan user lain apa tidak. Jika tanda checklist muncul berarti alamat tersebut bisa anda gunakan. Untuk Template saat ini gunakan saja template standar dari blogger, karena nanti kita akan mengganti tempate toko online secara manual. Jangan lupa untuk klik tombol Buat Blog.

 

5. Berikutnya anda akan diarahkan di dashboard nya blogger. Terdapat menu di sebelah kiri dan statistik penayangan yang telah anda lakukan.

 

6. Silahkan anda klik menu Template (1) dan berikut nya silahkan anda klik tombol Edit HTML (2).

 

7. Di halaman ini anda akan menemukan coding template standar blogger, template ini lah yang harus kita ganti dengan Template Green Store yang kita download di awal pembahasan ini.

 

Hapus semua coding template bawaan blogger

 

8. Silahkan anda buka file green store template, copy semua coding nya.

 

9. Paste kan coding tersebut ke template blogger yang kita hapus tadi lalu klik tombol Simpan Template.

10. Setting template untuk tampilan komputer telah selesai, nah sekarang saat nya kita setting tampilan template untuk seluler agar tampilan toko online anda akan menyesuaikan jika pembeli membuka toko online anda lewat smartphone ataupun tablet.
Silahkan anda kembali ke dashboard, pilih menu template lalu klik tombol yang sy tanda merah dibawah.

 

11. Secara default settingan seluler di pilihan Tampilan template seluler di perangkat seluler.

12. Rubah pilihan tersebut menjadi Tamplikan template seluler di perangkat seluler, dan jangan lupa klik tombol simpan.

 

 

Nah untuk setting template telah selesai, anda bisa membuka hasil yang telah dikerjakan, dan memang untuk cara membuat toko online dengan blogspot nya belum siap, karena ada tahap untuk memasukkan produk dan setting lainnya. Ditunggu di artikel berikutnya ya.

 

Comments

comments

Leave a comment